Rabu, 12 April 2023

Gaya IPA SD

 A. Pengertian Gaya

Gambar 15. Ilustrasi Gaya
(Sumber:https://www.google.com/search)

Perhatikan gambar tersebut di atas. Berdasarkan pengamatan saudara peristiwa apa yang terjadi? Betul, gambar tersebut menunjukkan seseorang sedang mendorong meja dan menarik meja. Apa yang diberikan oleh orang tersebut terhadap meja? Betul, adalah “gaya”
Pernahkah anda memperhatikan ketika ada benda bergerak, berubah posisi, berubah bentuk? Apa yang menyebabkan semua itu? Betul, semua itu terjadi karena ada sebuah “Gaya” Mengapa demikian? karena gaya adalah suatu kekuatan (tarikan atau dorongan) yang mengakibatkan benda yang dikenainya akan mengalami perubahan posisi atau berubah bentuk.
Secara konseptual gaya adalah suatu kekuatan (Tarikan atau dorongan) yang mengakibatkan benda yang dikenainya akan mengalami perubahan gerak atau berubah bentuk.Kekuatan gaya berupa tarikan dan dorongan maksudnya adalah: (1) Tarikan mempunyai arah yang mendekati orang atau hewan atau benda yang menariknya ; (2) Dorongan mempunyai arah yang menjauhi orang atau hewan atau benda yang mendorongnya. Gaya disebut juga sebagai besaran vektor. Mengapa demikian? Selain mempunyai nilai, gaya juga mempunyai arah. Gaya dapat digambarkan dengan menggunakan diagram vektor berupa anak panah.

B. Jenis-Jenis Gaya

  1.      Gaya Otot
Gaya otot adalah gaya yang bersumber dari tenaga otot manusia yang terjadi dengan adanya sentuhan.

Contoh:
  • Mendorong meja
  • Menendang bola 

      2. Gaya Gesek 

Gaya gesek adalah gaya yang dihasilkan oleh dua permukaan benda yang saling bersentuhan.

Contoh:
  • Gesekan ban kendraan dengan jalanan sehingga ban cepat menipis.
       3. Gaya Magnet

Gaya magnet adalah gaya yang timbul karena adanya daya tarik magnet atau gaya yang berasal dari benda magnetis.

Contoh:
  • Pintu lemari es terdapat magnet sehingga apabila didekatkan maka pintu kulkas akan menutup dengan sendirinya.

      




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gaya IPA SD

  A. Pengertian Gaya Gambar 15. Ilustrasi Gaya (Sumber:https://www.google.com/search) Perhatikan gambar tersebut di atas. Berdasarkan pengam...